5 Penemu Indonesia Yang Terkenal Dan Di Akui Dunia

Penemu Indonesia Terkenal – Menjadi seorang penemu atau berhasil menciptakan hal-hal baru yang berguna memanglah tak mudah dan perlu kerja keras. Biasanya negara yang terkenal dengan penemuannya adalah Jepang, sangat banyak teknologi terbaru yang mereka temukan. Nah di Indonesia sendiri apakah ada para penemu yang terkenal? Tentunya ada dong, bahkan penemuan yang telah mereka rancang itu pun juga di akui oleh negara lain di dunia. Mau tau siapa-siapa aja orang hebat itu yang berasal dari Indonesia? Berikut 5 penemu hebat dari Indonesia.

Baca juga: 5 Musisi Terkenal Indonesia Dan Di Dunia

1. Mujair

 Mujair

Mujair merupakan nama dari seorang bapak di tahun 1939, ia berhasil menemukan ikan yang pada akhirnta di beri nama sesuai dengan namanya di muara sungai Serang, Blitar. Beliau berhasil mengembangbiakkan ikan yang bukan asli perairan Indonesia dan menjadi populer hingga sekarang. Pak mujair berhasil mengembangbiakkan ikan yang aslinya ikan laut menjadi ikan air tawar.

2. B.J Habibie

B.J Habibie

Pastinya anda semua tau dan kenal dengan penemu dari Indonesia yang satu ini. Bapak Habibie di kenal sebagai penemu teori, faktor dan metode pesawat terbang yang pertama berasal dari Indonesia.

3. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Lulusan ITB angkatan 1934 ini berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962. Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta, Jakarta, dan banyak bangunan lain di seluruh dunia.

4. Mukibat

Mukibat

Pak Mukibat adalah petani sederhana dari Kediri ini pada tahun 1950 menemukan sistem penanaman singkong yang revolusioner. Beliau menempelkan batang ketela pohon karet yang daunnya rimbun di atas ketela pohon biasa (grafting). Setelah di tanam hasilnya sangat luar biasa. Dengan sistem pemanenan berulang, sebuah ketela pohon dapat memproduksi hingga 5 kali lipat dari yang biasanya. Untuk menghormati sistem tempel pada ketela pohon saat ini secara internasional dinamai sistem Mukibat, meskipun saat ini banyak orang mengaku- aku sebagai sistem mereka dengan sedikit modifikasi dari aslinya.

5. Prof. Poorwo Soedarmo

 Prof. Poorwo Soedarmo

Anda pasti hapal apa itu Empat Sehat Lima Sempurna, suatu slogan yang sangat mudah diingat dan tidak dapat dipungkiri berhasil dalam menyehatkan masyarakat Indonesia.Slogan atau lebih tepatnya konsep ini dicetuskan oleh seorang tokoh gizi Indonesia kelahiran Malang pada tahun 1904 bernama Poorwo Soedarmo.