Azim Premji Orang Terkaya India Yang Super Hemat

Seorang Investor dan pengusaha terkenal yang berasal dari negara India ini bernama Azim Hashim Premji atau Azim Premji. Azim Premji merupakan pemimpin dari perusahaan Wipro Limited yang bergerak dalam bidang IT outsourcing. Perusahaannya bekerja sama dengan perusahaan terkenal lainnya, seperti Toshiba, Philip Morris, Microsoft dan ABB. Ia berhasil menempati posisi ke tiga dalam daftar orang terkaya di India dan posisi ke 48 dalam daftar orang terkaya di dunia. Ia menikah dengan Yasmeen dan mempunyai 2 orang anak.

Pengusaha sukses ini lahir dari keluarga pengusaha yang terkenal dan dikenal sebagai Rich King of Burma yang bernama Muhammed Hashim Premji. Ayahnya mendirikan perusahaan Western Indian Vegetable Products Ltd, yang berada di Amalner, distrik Jalgaon, Maharashtra. Selain itu, ayahnya juga mempunyai pabrik sabun cuci dengan merk 787 dan minyak goreng dengan merk Sunflower Vanaspati.

Pada tahun 1966, ayahnya meninggal dunia tepat pada usianya yang ke 21. Mendengar kabar tersebut, ia langsung pulang kerumah dan meneruskan perusahaan ayahnya dengan menambahkan beberapa produk lainnya seperti produk pencahayaan, silinder hidrolik, perlengkapan mandi bayi serta mengembangkan sayap ke bidang teknologi. Pada saat itu, ia mengubah nama perusahaan yang dibangun ayahnya itu dengan nama Wipro dan berpindah menjadi perusahaan yang fokus dalam perusahaan yang hanya fokus dalam perusahaan perangkat lunak.

Perusahaan Wipro bergerak dalam bidang IT outsourcing, dengan memberikan layanan Analytics and Information Management, Business Process Outsourcing dan Consulting Services. Melalui perusahaan Wipro inilah Azim Premji menjadi salah satu orang terkaya di negara India dan bahkan dunia. Setelah perusahaannya berkembang dengan pesat, ia kemudian mendirikan yayasan Azim Premji Foundation yang merupakan yayasan nonn-profit dan mempunyai visi memberikan kontribusi untuk bisa mencapai kualitas pendidikan universal serta memfasilitasi masyarakat yang adil, manusiawi, merata dan berkelanjutan.

Yayasan yang dibangunnya ini hanya fokus di daerah pedesaan saja, dengan bekerja sama bersama pemerintah India mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Pada tahun 2010 memalui yayasan yang dibangunnya ini Azim Premji mendonasikan sekitar 2 miliar dolar untuk bisa meningkatkan kualitas sekolah yang ada di India. Selain itu, ia juga mendirikan Universitas Azim Premji dan mendonasikan sebagian sahamnya yang ada di perusahaan Wipro sebagai bentuk amal.

Azim Premji mempunyai jiwa sosial dan rasa kepedulian yang sangat tinggi sehingga membuatnya mengajak orang-orang terkaya di dunia menyumbangkan sebagian dari kekayaan mereka untuk amal dan menjadi orang India pertama yang menandatangani Giving Pledge dan disponsori oleh pendiri Microsoft Bill Gates serta Warren Buffett. Selain itu mempunyai jiwa sosial dan rasa kepedulian yang tinggal membuatnya menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam perusahaan Wipro dan berhasil mencapai beberapa prestasi salah satunya penghargaan Lakshya Business Visionary dari National Institute of Industrial Engineering, di Mumbai.