Beberapa Orang Sukses Yang Menginspirasi

Anwar Ibrahim

Anwar Ibrahim merupakan menteri keuangan Malaysia. Ia disebut–sebut sebagai menteri keuangan terbaik di Malaysia. Suatu ketika ia diberi hadiah berupa jam tangan emas oleh salah seorang pengusaha kelas kakap di negeri tersebut. Namun ia menolak menerima hadiah tersebut. Ia berujar sebelum ia menjabat sebagai menteri keuangan tidak ada yang memberi hadiah seperti ini.

Berarti hadiah ini ada hubungannya dengan jabatannya. Ia khawatir ini sama saja dengan suap.
Karena kejujurannyalah ia dianggap sebagai menteri keuangan terbaik di negeri itu. Namun ternyata siapa yang menyangka bahwa menteri keuangan terbaik Malaysia ini bukanlah seorang yang berlatar pendidikan ekonomi. Ternyata latar belakang pendidikannya adalah sastra Arab. Bidang yang tak ada kaitannya dengan ilmu keuangan.

Tompi

Tompi yang bernama lengkap Tengku Adi Fitrian merupakan penyanyi bertalenta dengan suaranya yang khas. Ia adalah penyanyi jazz Indonesia yang lahir dan besar di Lhokseumawe. Namun ternyata di balik kepiawaiannya mengolah vokal, latar belakang pendidikannya adalah seorang dokter. Lebih tepatnya lagi dokter spesialis bedah plastik. Ia lulus dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia.

Walaupun disibukkan dengan aktivitas yang padat dengan jadwal praktek sebagai dokter, ia tetap produktif berkarya. Ternyata walaupun dengan latar belakang yang berbeda, ia mampu menjalani keduanya dengan baik.

Taufiq Ismail

Taufiq Ismail merupakan penyair Indonesia yang namanya sudah dikenal banyak orang, bahkan sampai ke seluruh dunia. Ia telah membaca puisi di berbagai acara festival di 24 kota di Asia, Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

Ia juga dua kali menjadi penyair tamu di Universitas Iowa, Amerika Serikat (1971 dan 1991), dan pengarang tamu di Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur (1993). Namun apakah latar belakang pendidikannya adalah di dunia seni dan sastra? Ternyata bukan, latar belakang pendidikannya adalah dokter hewan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Arsene Wenger

Arsene Wenger merupakan pelatih Arsenal berkebangsaan Prancis. Ia telah dipercaya selama belasan tahun menukangi tim gudang peluru tersebut. Ia dikenal dengan keberhasilannya dalam mengorbitkan pemain–pemain muda. Itu sebabnya Arsenal disebut sebagai tim The Young Guns.

Kebanyakan pelatih sepakbola pernah menjadi pemain sepakbola semasa mudanya. Namun siapa yang menyangka seorang Arsene Wenger ternyata adalah sarjana yang memegang degree di bidang Electrical Engineering dan master’s degree di bidang ekonomi. Ia juga fasih berbicara berbagai bahasa seperti; Perancis, Jerman, Spanyol, dan bahasa Inggris, selain itu juga bisa sedikit bahasa Itali dan Jepang.