Biografi Jack Ma

Jack Ma atau Ma Yun adalah seorang pembisnis dari Tiongkok, dia merupakan pendiri atau CEO dari alibaba.com yaitu sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok dan Sekarang ia menjadi Chairman Eksekutif Alibaba Group. Sebelum mendirikan alibaba.com yang membuat ia masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, ia dulu adalah seorang guru bahasa inggris di Tiongkok.

Sebelum menjadi guru bahasa inggris, dia pernah mendaftar berpuluh-puluh kali pekerjaan namun ditolak bahkan waktu itu ia mencoba mendaftar menjadi karyawan KFC, dari 27 orang pendaftar hanya dialah orang satu-satunya yang tidak diterima. Ia melamar di 30 perusaahn namun semua menolaknya, kemudian ia berubah haluan menjadi seorang guru bahasa inggris karena selain fasih bahasa mandarin ia fasih berbahasa inggris denga gaji sekitar $12 hingga $15 per bulannya.

Jack Ma atau Ma Yun lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 di Hangzhou, Tiongkok. Ia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Ia dan saudaranya hidup dalam keluarga yang kurang mampu. Pada saat itu, Orangtua mereka hanya bekerja sebagai pemusik dan pendongeng tradisional di Tiongkok. Jack Ma mengalami berbagai masalah dan rintangan dalam hidupnya. Jack Ma sering di tolak di setiap sekolah, dimana Ia ingin belajar. Bahkan pada saat sekolah dasar, Ia sudah menerima penolakan karena nilai ujian matematikanya tidak begitu baik tai ia tidak menyerah.

Pada tahun 1972, Presiden AS Richard Nixon mengunjungi kampung halaman Ma yaitu Hangzhou, setelah kunjungan tersebut banyak turis yang berdatangan. Ma yang pada saat itu masih berumur 12 tahun, bersepeda mengunjungi hotel utama yang ada di kotanya untuk menawarkan jasa penerjemah bahasa dan pemandu wisata pada para turis. Kegiatan itu Ia lakukan selama 8 tahun, dengan seringnya bersosialisasi dengan para turis membuat ia mengubah cara pandangnya tentang hidup, ia mulai berpikir lebih global dibanding dengan kebanyakan penduduk Tiongkok saat itu.

Jack Ma pernah 2 kali gagal ujian masuk universitas, namun ia tidak menyerah. Kemudian ia mengikuti ujian ke tiga dan ia akhirnya masuk dan resmi menjadi mahasiswa Hangzhou Teacher’s Institute yaitu perguruan tinggi khusus pendidikan. Pada tahun 1988, Ma lulus dari kuliah. Setelah lulus ia mencoba melamar pekerjaan di beberapa perusahaan namun ditolak, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjadi guru bahasa inggris dengan gaji hanya sekitar $12 hingga $15 per bulannya.

Karena kemampuan berbahasa inggris yang dimiliki, para pengusaha Tiongkok sering mengajaknya sebagai penerjemah. Pada tahun 1995, Ia pergi ke Amerika Serikat untuk menjadi penerjemah, disana ia bertemu temannya di Seattle. Pada tahun 1995, Ma dikenalkan dengan internet oleh temannya, temannya mengatakan bahwa semua bisa ditemukan di internet, namun saat ia mengetikan kata kunci “beer” dan “china” pada mesin pencari, tidak ada data tentang kedua kata kunci tersebut.

Berkat kata kunci tersebut, dengan bantuan temannya Ia berhasil menciptakan sebuah website untuk jasa terjemahan bahasa China. Hanya dalam beberapa jam, Ma menerima banyak email yang cukup membantunya untuk membangun situs website tersebut. Kemudian ia mendirikan website tentang indeks bisnis di Tiongkok bernama China Pages, website tersebut menjadi perusahaan online pertama di Tiongkok.

Pada tahun 1997, Ma meninggalkan China Pages dan bergabung dengan pemerintah. Pada tahun 1998 hingga 1999, Ma menjadi pemimpin perusahaan teknologi informasi yang dibangun oleh China International Electronic Commerce Center yaitu sebuah departemen dari Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi Tiongkok. Pada tahun 1999 dengan dibantu 17 temannya di Hangzhou, Jack Ma mendirikan Alibaba.com yaitu situs e-commerce yang mempertemukan antara supplier dan customer berskala global.

Nama Alibaba sendiri, Ia dapatkan saat Ia sedang berada di sebuah kedai kopi di San Fransisco untuk berpikir tentang nama perusahaan yang tepat bagi perusahaannya, namun nama itu mudah dikenal orang. Kemudian Ia terpikir nama Alibaba. Lalu Jack Ma mulai menanyakan nama tersebut pada pelayan di kedai kopi tersebut, Ia bertanya “Apa yang kamu ketahui tentang Alibaba?”, pelayan itu menjawab “Alibaba dan 40 pencuri”. Ia terus bertanya pada beberapa orang mengenai Alibaba tersebut, dan semua orang menjawab tahu tentang Alibaba. Nama Alibaba tersebut kemudian Ia gunakan sebagai nama perusahaannya karena mudah dieja, mudah diingat dan telah diketahui secara global.

Pada Mei 2003, Alibaba mendirikan Taobao yaitu sebuah situs belanja yang memiliki fungsi hampir mirip dengan eBay yaitu penguasa online shopping di Tiongkok saat itu. Ada yang mengatakan bahwa tujuan didirikannya Taobao ini untuk menyaingi eBay tersebut. Untuk menyaingi eBay, Ma menggratiskan transaksi penjualan di Taobao, baik dari penjual maupun pembeli. Hal tersebut berhasil Ia lakukan, terbukti saat konferensi pers pada Oktober 2005, Ma mengatakan bahwa Taobao berhasil menguasai 70% pangsa pasar online shopping di Tiongkok dan pada tahun 2006 eBay meninggalkan pasar online Tiongkok.

Pada Mei 2009, Ma mendapat penghargaan oleh Time Magazine, Ia masuk dalam 100 orang paling berpengaruh dunia. Ia juga masuk dalam daftar 10 pengusaha yang paling disegani di Tiongkok pada Majalah Forbes. Pada bulan Juni 2011, Ma memutuskan bahwa Taobao akan di bagi menjadi 3 perusahaan yang berbeda yakni Taobao Mall, Taobao Marketplace, dan eTao. Pada tahun 2013, Jack Ma mengundurkan diri dari CEO Alibaba dan digantikan Jonathan Lu. Setelah mengundurkan dirinya, kini Ia menjabat sebagai Chairman Eksekutif Alibaba.

Pada Agustus 2014, Alibaba melakukan IPO atau Initial Public Offering di bursa saham Amerika Serikat. Initial Public Offering yang dilakukan oleh Alibaba di bursa saham New York mencetak rekor dunia. Nilai perusahaan Alibaba mencapai US$162,7 miliar dengan perkiraan harga sekitar US$66 per lembar saham. Hal tersebut menempatkan Alibaba sebagai perusahaan internet terbesar ketiga yang tercatat di pasar saham setelah Google dan Facebook.