Biografi Jeff Bezos

Pemuda bernama asli Jeffrey Preston atau dikenal dengan Jeff Bezos lahir pada 12 Januari 1964. Jeff Bezos adalah seorang entrepreneur dan investor dari Amerika. Jeff Bezos dikenal sebagai entrepreneur dibidang teknologi, khususnya toko online atau e-commerce. Beberapa langkah besar yang dilakukan Jeff Bezos adalah beliau mendirikan Amazon.com, berinvestasi di Blue Origin, serta membeli media The Washington Post.

Jeff Bezos dilahirkan di Albuquerque, New Mexico. Jeff Bezos dilahirkan di keluarga yang memiliki peternakan. Sejak kecil Jeff menyukai bidang-bidang terkait dengan elektronik dan teknologi. Jeff berskolah di Universitas Princeton, fakultas fisika. Jeff lulus dengan predikat summa cum laude, jurusan S1 Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Atas prestasinya, Jeff mendapat penghargaan Phi Beta Kappa dan Tau Beta Pi.

Setelah lulus dari Universitas Princeton pada tahun 1986, Jeff Bezos mengawali karir di Wall Street sebagai ahli komputer. Setelah itu, Jeff pindah kerjaan ke perusahaan bernama Fitel, yang bergerak dibidang jaringan internet. Jeff sempat pindah kerja ke Bankers Trust dan perusahaan D.E. Shaw &Co.

Kisah sukses Jeff Bezos pendiri Amazon.com dimulai pada saat Jeff keluar dari kerja pada tahun 1994. Jeff Bezos pindah dari New York ke Seattle untuk memulai membuat rencana bisnis Amazon. Jeff memulai pekerjaan dari garasi di rumahnya. Jeff yakin bahwa perkembangan pengguna internet yang pesat akan menjadi ladang untuk usaha barunya.

Amazon.com pada awal mulainya adalah toko buku online. Ide bisnis ini muncul setelah Jeff Bezos berdiskusi dengan John Ingram of Ingram Book dan Keyur Patel. Selama dua bulan pertama, Amazon menjual buku ke 50 negara bagian Amerika dan lebih dari 45 negara. Penjualan Amazon pada dua bulan pertama mencapai angka $20,000/minggu.

Rencana bisnis Amazon sangat tidak biasa. Perusahaan sekelas Amazon.com belum mencetak keuntungan lebih dari 4 tahun. Amazon berhasil mencetak keuntungan pertama kali pada tahun 2001, sebesar $5 juta, pada pendapatan $1 milliar.

Jeff Bezos menjadi tokoh yang paling berpengaruh di bidang teknologi. Beliau berhasil menciptakan Amazon.com dan berinvestasi di banyak perusahaan. Kekayaan Jeff ditaksir tidak kurang dari $50 milliar. Apa saja pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah sukses Jeff Bezos pendiri Amazon.com? Jangan Berhenti Berkeperimen. Salah satu hal yang dipercayai oleh Jeff Bezos adalah jangan pernah berhenti bereksperimen. Ambil keputusan bisnis berdasarakan data yang ada.

Berani Menemukan Sesuatu yang Baru (Invention). Jeff Bezos berani mengambil risiko untuk menemukan sesuatu yang baru. Beliau banyak berinvestasi di perusahaan-perusahaan baru dengan misi yang luar biasa besar. Berpikir Jangka Panjang. Terakhir dan paling penting, berpikir jangka panjang. Beliau membuat bisnis Amazon.com tidak untuk jangka 1 atau 2 tahun. Dan memang benar ternyata Amazon.com membuat perubahan besar cara orang berbelanja online.