Cara Menjadi Drummer Handal Dan Terkenal

Cara Menjadi Drummer Handal Dan Terkenal – Dalam dunia musik pasti ada beberapa jenis alat musik yang di gunakan untuk mengiringi lagu yang di nyanyikan, agar lagu tersebut menjadi bagus di dengar. Banyak alat-alat musik yang di gunakan untuk bermain musik seperti, gitar, piano, drum, bass dan lain sebagainya. Setiap orang yang menguasai salah satu jenis alat musik tentunya memiliki julukan atas penguasaanya terhadap alat musik tersebut.

Baca juga: Cara Menjadi Vokalis Terkenal

Contohnya dengan drum, orang yang ahli dalam bermain drum di sebut dengan drummer. Menjadi sseorang drummer bukan hal yang cukup mudah untuk di lakukan. Dengan menyesuaikan suara dentuman drum dengan alat musik lainnya pun bukan lah dapat di sesuaikan dengan mudah. Namun sebagian besar orang lebih menyukai menjadi drummer dalam bermain musik. Nah ingin menjadi drummer sendiri bukan lah hal yang mudah untuk di lakukan oleh para pemula. Namun jika anda ingin menjadi drummer yang handal. Anda bisa untuk mengikuti beberapa cara yang ada pada artikel ini.

Menyesuaikan diri dengan lingkungan

Ketika anda menjadi seorang session player anda harus mempunyai sikap atau mental seorang musisi sejati. Anda harus bisa menyesuaikan kondisi dan situasi di tempat anda bermain. Ketika anda sedang bermain di lounge atau resto cafe anda harus bisa bermain selembut mungkin dan memberikan kenyamanan untuk para tamu agar mereka tidak merasa terganggu dengan musik yang anda mainkan. Namun ketika anda bermain di club anda harus bisa bermain dengan powerful intinya anda harus bisa menjadi bunglon. Banyak orang terjebak dengan teknik yang mereka miliki dan akhirnya ketika bermain dalam suatu jenis musik tertentu mereka selalu ingin mengeluarkan tekniknya.

komunitas

Didalam bermusik ataupun kegiatan lainnya anda tidak pernah terlepas dari yang namanya komunitas. Komunitas sangatlah penting dan mau nggak mau anda harus mau menjalin komunikasi dengan musisi lain agar banyak orang yang mengenal anda dan kitapun mengenal mereka, sehingga kalau anda banyak dikenal orang maka anda akan lebih mudah mendapatkan teman-teman nge-band, dan orang lain akan merekomondasikan anda

banyak mendengar

Mendengar maknanya sangatlah banyak, namun yang saya ingin tegaskan disini merupakan anda harus mau mendengarkan teman-teman anda ketika sedang bermain. Jangan egois dengan diri anda sendiri dan melupakan suara instrumen teman-teman anda. Sudah sangat umum jika kebanyakan drummer tidak mau mendengarkan instrument lain. Sang drummer asyik dengan instrumennya sendiri dan tidak pernah memperhatikan harmony, dinamika, dan kontrol sound.
Jadilah drummer yang peka dan peduli, sehingga anda akan dapat merespon dengan baik setiap suara instrument yang keluar dari teman-teman anda

Banyak Melihat

Biasakan diri anda dengan melihat berbagai pertunjukan, baik pertunjukan Live Musisi Mancanegara, Musisi Lokal, pertunjukan regular di cafe, acara kampus, ataupun melihat DVD konser dari berbagai band. Dengan seringnya anda melihat dan mengobservasi banyak band maka wawasan dan ilmu anda akan sering bertambah. Dan harap diingat jangan hanya memperhatikan drummernya saja, namun perhatikanlah band secara keseluruhan. Bagaimana team worknya, aksi panggung, pakaian, sound dan balance antara instrumen satu ke instrumen yang lain

Mengerti Banyak Rhythm

Mengerti banyak rhythm sangat membantu anda dalam menyesuikan di segala kondisi, karena drummer fungsi utamanya adalah Rhythm Keeper maka sebaiknya anda mempelajari ragam thythm dari Pop/ Rock, Blues, R&B, Fusion, Funk, Latin mulai dari Afro Cuban, Afro Brazilian dan Afro Caribian, Jazz ( Mainstream, Bebop, Contemporer, dll ),Country, bahkan kalau perlu musik tradisional Indonesia.

Ketika anda dimainkan untuk memainkan salah satu rhthm, misal Nanigo atau Mozambique anda tidak akan gelagapan dan mukul menurut interpretasi anda sendiri..karena musik-musik tersebut mempunyai pakek-pakem atau karakteristik sendiri yang kalau dimainkan seenaknya maka feelnya ga akan dapat dan enak.