Kisah Kehidupan Nyata Inspiratif dari Stephen Hawking

Kisah Kehidupan Nyata yang Inspiratif dari Stephen Hawking

Stephen hawking adalah seorang ilmuwan asal inggris yang lahir pada 8 januari 1942 dari pasangan frank dan isobel hawking. Beliau adalah anak pertama dari empat bersaudara yang tumbuh besar di kota St.Alban, London. Meskipun semasa hidup beliau dikenal sebagai orang yang sangat pintar, tapi pada masa kecil beliau dikenal sebagai murid yang malas.

Tapi, berita itu berubah ketika beliau mengenal dikran tahta yang merupakan guru matematika nya. Hawking sangat mengagumi Mr. Tahta karena bisa membuat pelajaran matematikan yang begitu membosankan menjadi pelajaran yang sangat menyenagkan. Dari gurunya itu pula, dia terinspirasi untuk menjadi seorang guru matematika di universitas cambridge.

Dimulai dengan kecintaan dengan pelajaran matematika itulah beliau menjadi belajar lebih rajin untuk menggapai cita-citanya. Dengan bantuan Mr. Tahta, beliau pun berhasil merakit komputer menggunakan bagian mekanik jam, papan kabel telepon yang tidak terpakai, dan banyak lagi komponen daur ulang yang lain. Menakjubkan bukan ?.

Kemudian ibunya pun menyarankan stephen untuk kuliah di oxford karena melihat kecerdasaannya. Meskipun sangat menyukai matematika, di universitas tersebut beliau mengambil jurusan fisika dan kimia karena belum ada jurusan matematika disana. Lalu beliau pun berhasil masuk di universitas oxford pada tahun 1959, ketika usianya baru 17 tahun saja.

Setelah lulus dari oxford, Stephen kemudian melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan kosmologi di universitas cambridge. Sayangnya ketika berusia 21 tahun, beliau didiagnosa menderita amytrophic lateral sclerosis (ALS). yaitu penyakit yang melemahkan otot dan merusak fungsi otak. Dokter juga mengatakan bahwa sisa umurnya mungkin tidak akan lama lagi.

Setelah mendapatkan diagnosa itu, beliau merasa depresi dan merasa hidupnya tidak berguna lagi. Tapi, dengan dukungan dari orang orang sekitar, beliau berhasil melewati itu semua. Meskipun hidup di atas kursi roda dengan segala ketebatasan nya, beliau mampu menghasilkan banyak karya demi kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah teori big bang.

Dari kisah inspiratif kehidupan nyata tokoh dunia ini, kalian bisa belajar untuk mempercayai kekuatan mental dan pikiranmu sendiri. Stephen hawking tidak menjadikan penyakitnya sebagai sebuah hambatan untuk melakukan apa yang dia inginkan. Dengan adanya hal tersebut justru membuat beliau menjadi lebih semangat untuk berbuat yang lebih lagi untuk banyak orang.

Kalau beliau yang memiliki keterbatasan saja bisa melakukah sesuatu hal yang besar, tentu kalian juga bisa melakukan hal yang sama. Tidak harus sampai melakukan hal yang besar utnuk seluruh umat manusia, melakukan perbuatan yang baik untuk orang sekitar saja sudah sangat bagus.