Kisah Oprah Winfrey

Belajar itu bisa datang dari mana saja, termasuk dari kisah hidup seseorang. Kali ini, Bintang.com mengajak Anda untuk belajar dari kisah hidup Oprah Winfrey yang kelam. Siapa sih yang tak kenal dengan Oprah Winfrey? Ya, ia merupakan seorang artis Hollywood sekaligus pengusaha asal Amerika Serikat.

Acara talk show miliknya, The Oprah Winfrey pun sudah mendunia. Semua orang pasti sudah tahu tentang kesuksesan yang diraih olehnya, tapi tidak semua orang tahu tentang masa lalunya yang begitu kelam.

Ia lahir di Kosciusko, Mississippi pada 29 Januari 1954. Karena orangtuanya bercerai, Winfrey kecil pun harus tinggal bersama neneknya, Hattie Mae di sebuah perternakan selama enam tahun. Hidup di perternakan bersama neneknya bukanlah kehidupan yang dibilang berkecukupan. Akan tetapi keadaan itu tidak membuat bakat yang dimilikinnya hilang, ia sudah bisa membaca di umur tiga tahun.

Setelah itu, Winfrey tinggal bersama ibunya di Wisconsin. Akan tetapi kemiskinan tidak ingin jauh-jauh darinya. Ibunya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga, membuat Winfrey tak mendapatkan perhatian. Ia pun sering kabur dari rumah. Tidak hanya kemiskinan, sejak kecil Oprah Winfrey sudah dihadapkan dengan berbagai masalah. Bahkan saat usianya masih sembilan tahun, ia sudah mengalami pelecehan seksual.

Dan yang menyakitkan, pelaku pelecehan seksual itu tidak lain adalah sepupu ibunya. Oprah Winfrey diperkosa oleh sepupu ibunya bersama teman-temannya berulang kali. Saat berumur 14 tahun, ia sudah mengandung seorang bayi.

Akan tetapi bayinya tidak bertahan lama setelah ia dilahirkan saat berumur dua minggu. Setelah kejadian di Nashville, Winfrey memutuskan untuk tinggal bersama ayahnya. Sang ayah yang merupakan mantan tentara mendidiknya dengan keras dan disiplin.

Winfrey diwajibkan untuk membaca buku dan membuat ringkasannya setiap pekan. Walaupun terkesan berat, namun didikan yang keras inilah yang membuat dirinya menjadi seorang wanita tegar, berdisiplin tinggi, dan percaya diri.

Dan berkat didikan keras sang ayah, ia menjadi pelajar teladan di sekolahnya dan terpilih menjadi perwakilan sekolah yang diundang ke Gedung Putih. Ia pun mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke bangku kuliah. Tidak hanya cerdas, Winfrey juga dikenal memiliki kencantikan. Buktinya adalah ia menjadi pemenang di sebuah kontes kecantikan. Saat usianya menginjak 17 tahun, ia sudah menjadi penyiar berita di stasiun radio lokal.

Saat usianya 19 tahun, Oprah Winfrey ditemukan oleh sebuah stasiun televisi di Nashville. Ia bekerja sebagai wartawan sekaligus penyiar berita. Dan ia menjadi wanita kulit hitam pertama sebagai penyiar berita di stasiun televisi itu. Oprah Winfrey memulai debutnya di televisi melalui acara People Are Talking. Keputusannya untuk pindah ke Chicago yang akhirnya membuat dirinya meraih kesuksesan.

The Oprah Winfrey Show menjadi acara talkshow dengan rating tertinggi yang pernah ada dalam sejarah pertelevisian Amerika Serikat. Latar belakang kehidupannya yang miskin, rawan kejahatan, dan diskriminatif membuat dirinya ingin membantu sesama. Acara talkshownya sendiri diisi dengan nilai kemanusian, pendidikan, dan moral. Melalui acara talkshownya, Oprah ingin mewujudkan impiannya membantu orang-orang yang tertindas.

Winfrey dikenal sebagai salah satu artis Hollywood yang punya hati mulia. Tercatat ia sudah menyubang berbagai yayasan, rumah sakit, sekolah, lembaga riset penderita AIDS. Ia dan pemirsa acaranya juga mendirikan sekolah khusus untuk anak-anak perempuan di Henley-on-Klip, Afrika Selatan.