Profile Pendiri The Botol Sosro : Soejipto Sosrodjojo

Profile Pendiri The Botol Sosro : Soejipto Sosrodjojo

Soejipto Sosrodjojo adalah Owner dan pendiri The Botol Sosro. Berkat caranya tersebut, beliau menjadi pengusaha yang sukses dari bisnis mimuman yang terkenal di Indonesia.

Awal Kesuksesan The Botol Sosro

Usaha penjualan teh bermula dari ayahnya Sosrodjojo yang mempunyai kebun teh sendiri di wilayah Slawi, Jawa Tengah. Karena harga daun teh yang di panen di perkebunan teh miliknya merosot, Sosrodjojo akhirnya menjual teh kering dalam bentuk kemasan siap seduh di pasar-pasar pada tahun 1940.

Kemasan teh yang diberi nama Teh Cap Botol merupakan campuran dari teh hijau dan bunga melati. Jika diseduh rasanya sangat enak dan segar namun cara meracik minuman teh yang buruk maka kerap kali menenggelamkan cita rasa tehnya.

Setelah penjualan Teh Cap Botol memperlihatkan kesuksesan dan mulai terkenal di Jawa tengah, maka pemasarannya pun kemudian diperluas ke wilayah Jakarta. Oleh karena itu, Sosrodjojo mendorong anak-anaknya yang terdiri dari Soetjipto, Soegiharto, Soemarsono dan Surjanto mengkampanyekan cara meracik teh yang pas sehingga membuat rasanya enak di ibukota pada tahun 1950. Sosrodjojo juga mewariskan kebun teh beserta pabriknya kepada keempat anaknya tersebut.

Akhirnya di tahun 1969,  Penjualan Teh Cap Botol yang dikemas dalam botol mulai dilakukan. Botol-botol yang awalnya dipakai untuk promosi kemudian diberi label Teh Cap Botol Soft Drink Sosrodjojo.

Pengemasannya teh dalam botol awalnya dilakukan secara manual dengan memakai gayung dan corong untuk memasukkan teh dalam botol. Desain botol pun terlihat masih sangat sederhana. Baru pada tahun 1972, merk ‘Teh Cap Botol Soft Drink Sosrodjojo’ disederhanakan menjadi ‘Teh Cap Botol Sosro’ dimana kata ‘Cap’ diperkecil sehingga sekilas orang membaca Teh Botol Sosro yang kemudian dikenal luas di Indonesia.

Di tahun 1974, Pengiriman Teh Botol Sosro mencapai 2400 botol. Maka berdirilah PT Sinar Sosro dengan pabrik yang mampu memproduksi 6000 botol perjamnya. Pabrik tersebut berada di kawasan Ujung Menteng Jakarta. PT Sinar Sosro juga memiliki ribuan hektar kebun teh yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Hingga kini PT Sinar Sosro sudah dijalnkan oleh generasi ketiga keluarga Sosrodjojo. Aset perusahaan pun mencapai puluhan triliun. Dan hingga saat ini perusahaan tersebut hanya dikelola oleh keturunan dari Sosrodjojo yaitu Soetjipto Sosrodjojo bersama anaknya dan Soegihato Sosrodjojo bersama istri dan anak-anaknya.