Sejarah Sukses Grup GirlBand BLACKPINK

Sejarah Sukses Grup GirlBand BLACKPINK

Secara berurutan, YG memperkenalkan para member-nya. Yang pertama diperkenalkan adalah Jennie, kemudian Lisa, disusul oleh Jisoo, dan yang terakhir adalah Rose. Berbeda dengan idol group lainnya, YG mengumumkan bahwa BLACKPINK tidak akan memiliki leader. Bukan karena tak ada yang bisa jadi sosok leader.

Hal tersebut dikarenakan keempat gadis cantik ini sudah berteman lama. Mereka juga menginginkan masing-masing member agar bisa saling mendukung satu sama lain. Sebelumnya, YG berencana untuk mendebutkan grup bernama PINK PUNK, dengan Jennie sebagai leader-nya. Tetapi akhirnya YG memutuskan untuk mendebutkan BLACKPINK dengan empat member tanpa leader.

Nama yang dipilih pun memiliki makna tersendiri. Jika warna pink selalu diibaratkan dengan kelembuatan dan kecantikan, maka berbeda dengan BLACKPINK. Nama dari profil BLACKPINK ini sendiri memiliki makna bahwa cantik bukanlah segalanya. Haltersebut juga melambangkan bahwa mereka adalah sebuah grup yang tak hanya mengandalkan kecantikan, tetapi juga bakat yang besar.

Setelah sempat muncul rumor bahwa grup ini akan debut pada bulan Juli, akhirnya pihak agensi memberikan konfirmasi bahwa BLACKPINK akan debut pada 8 Agustus 2016. Tepatnya pada jam 8 malam dengan single album bertajuk  Square One. Debut ini ditandai dengan dirilisnya dua video klip sekaligus untuk lagu debut mereka, yaitu Boombayah dan Whistle.

Awal Kesuksesan BLACKPINK

Bagi yang paham betul tentang biodata BLACKPINK, pasti sudah tahu bahwa di awal debutnya, tepatnya pada 8 Agustus 2016, grup tersebut sudah banyak menuai pujian dan penghargaan. Mereka memulai debut panggungnya pada tanggal 14 Agustus 2016 dalam acara musik SBS Inkigayo. Hanya dalam waktu 14 hari setelah debut perdananya, grup ini sudah masuk dalam daftar nominasi dalam berbagai program musik (MBC, SBS, KBS).

Berdasarkan pernyataan YG Entertainment, profil BLACKPINK menerima penghargaan pertamanya dalam acara musik SBS Inkigayo pada 21 Agustus 2016. Dari sini, mereka mampu memecahkan rekor sebagai grup pendatang baru peraih penghargaan tercepat dalam sebuah program musik.

Tak hanya itu, dua single debutnya inipun memuncaki posisi Billboard’s World Digital Song yang kemudian juga disusul oleh Monster dari EXO yang berada di bawahnya. Profil BLACKPINK menjadi grup K-Pop pertama yang berhasil memuncaki tangga lagu Billboard’s World Digital Song dengan lagu debut. Hanya dalam waktu lima bulan, video Boombayah telah ditonton lebih dari 100 juta kali di Youtube.

Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh video Like Ooh-Ahh dari grup TWICE dimana mendapatkan lebih dari 60 juta kali dalam waktu 8 bulan. Setelah sukses dengan Square One, pada tanggal 1 November, BLACKPINK meluncurkan single album keduanya bertajuk Square Two, dengan single Playing with Fire dan Stay.

Mengulang kesuksesan sebelumnya, single dalam album ini juga berhasil masuk daftar Canadian Hot 100. Lewat Playing with Fire, lagu ini berhasil menempati posisi ke-92. Meskipun masih tergolong berada pada posisi belakang, namun mereka menjadi girl group K-Pop pertama yang berhasil masuk ke dalam chart tersebut.